BREAKING NEWS

Tuesday, July 10, 2018

Tik Tok Menyediakan Halaman Khusus Panduan Untuk Orang Tua Indonesia

Setelah DNS tik tok diblokir oleh pemerintah Indonesia, secara cepat para petinggi dari tik tok segera meluncur ke Indonesia untuk menemui pemerintah Indonesia untuk membicarakan permasalahan tersebut dengan kementrian terkait.

Setelah dilakukan pertemuan pemerintah indonesia meminta kepada tik tok agar adanya pembatasan usia pengguna aplikasi tik tok, dan tik tok harus membersihkan konten kontennya dari unsur pornografi, sara, dan lain-lainnya.

Siang ini secara resmi kembali dibuka blokirnya oleh pemerintah indonesia dan pada halaman tiktok.com telah disediakan halaman khusus panduan untuk orang tua indonesia. Dengan isi halaman tersebut seperti dibawah ini :

"



INDONESIA SECTION

Halaman Orangtua Tik Tok

Untuk Orangtua

Hallo Orangtua! Kami mendorong Anda untuk mengambil peran aktif dalam memantau kegiatan online anak remaja Anda. Ajaklah anak remaja Anda dalam konversasi mengenai keamanan dalam berselancar di internet, privasi online dan opsi-opsi yang tersedia bagi mereka. Kami juga sangat mendorong orang tua untuk mengajak anak-anak lebih memanfaatkan waktu bersama keluarga dan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Kami sangat berharap peran aktif orangtua dalam membantu generasi muda untuk menggunakan Tik Tok dengan cara yang positif dan bermanfaat. Sebagai tambahan informasi, kami sangat merekomendasi beberapa sumber informasi sebagai berikut:

Apa itu Tik Tok?

Tik Tok didesain untuk para pembuat konten generasi baru, yang memungkinkan pengguna membuat video pendek berdurasi 15 detik secara cepat dan mudah dengan efek unik untuk disebarkan ke teman-teman dan dunia luar. Generasi muda diajak untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka, baik dalam dansa, komedi, atau pertunjukkan gaya bebas.

Untuk Siapa Tik Tok Ditujukan?

Tik Tok ditujukan untuk pengguna berusia 14 tahun ke atas. Mohon jangan biarkan anak di bawah usia 14 tahun untuk menggunakan aplikasi kami. Jika anak Anda remaja berusia 14 hingga 18 tahun pastikan mereka memiliki izin dari anda.

Apakah remaja dapat mengontrol siapa saja yang bisa melihat video mereka dan mengirimkan mereka pesan?

Ya! Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat konten yang mereka unggah, siapa saja yang mengikuti mereka dan mengirim mereka pesan dengan membuat akun berstatus pribadi. Dengan akun pribadi, pengguna dapat menyetujui atau menolak pengikut, dan membatasi konten yang mereka unggah dan pesan masuk hanya kepada pengikut.
Apabila pengguna memiliki profil publik, siapa saja yang terdaftar dalam aplikasi Tik Tok dapat melihat video-video publik pengguna. Namun, hanya pengikut yang sudah disetujui dapat mengirimkan pesan kepada pengguna. Pengguna juga dapat melakukan pemblokiran kapan saja kepada siapa saja yang mengontak mereka.
Apakah pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan akun mereka secara publik atau pribadi, mereka selalu dapat:
  • Melakukan pemblokiran kapan saja kepada siapa pun yang mencoba mengontak mereka
    • Menyimpan sebuah video secara pribadi sehingga memungkinkan untuk tidak dilihat oleh siapapun
Mohon diingat: Dengan akun pribadi, informasi profil pengguna, termasuk foto profil, username, dan biodata, akan dapat dilihat oleh semua pengguna. Berikan saran kepada anak remaja Anda untuk tidak memberikan informasi personal, seperti umur, alamat atau nomor telepon pada profil mereka.

Bagaimana pengguna dapat melaporkan konten atau perilaku yang tidak pantas?

Apabila Anda atau anak remaja Anda melihat konten atau perilaku yang tidak pantas, mohon melaporkannya agar tim moderasi kami secepatnya dapat mengambil tindakan yang sepantasnya. Untuk melaporkan video, tap tiga titik dalam video dan ikuti instruksi di layar. Untuk melapor pengguna, kunjungi profil pengguna, tap tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih sebuah alasan pelaporan. Ini akan terkirim ke tim moderasi kami untuk direview.
Lebih dari itu, anak remaja Anda dapat melakukan pemblokiran pengguna kapan saja. Untuk melakukannya, kunjungi profil pengguna, tekan tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih “block this user” (lihat artikel Help Center di sini). Ketika anak remaja Anda memblokir seseorang, orang tersebut tidak dapat mengirimkan pesan secara langsung kepada mereka.

Tambahan Sumber Informasi untuk Anda dan Remaja Anda

Kami menginginkan setiap orang untuk dapat mengakses sumber daya dan sumber informasi yang mereka akan butuhkan di saat mereka mengalami musibah. Agar mendapatkan dukungan yang tepat, ada beberapa sumber yang dapat dihubungi oleh Anda dan anak remaja Anda:
"
Sumber : https://www.tiktok.com/i18n/forparents/

Jadi gunakanlah sebuah aplikasi dengan bijak, dan semua kita (baik pemilik aplikasi, pemerintah, pengguna) sama - sama memiliki tanggung jawab moral.

Jika melihat pelanggaran - pelanggaran pada aplikasi tersebut kita juga memiliki tanggung jawab untuk melaporkan kepada pengembang aplikasi ataupun pemerintah.

Demikianlah sedikit informasi tentang aplikasi tik tok, semoga bermanfaat untuk kita semuanya.







Share this:

1 comment :

  1. Terima Kasih Telah berkunjung ke blog dunia-tekinfo.blogspot.com, dan jangan lupa tinggalkan komentar dan sarannya untuk perbaikan blog ini kedepannya.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2014 Dunia-TekInfo. Designed by OddThemes